Kamis, 12 Januari 2012

Bursa Asia bergerak bimbang di dua zona

Bursa Asia bergerak bimbang di dua zona
TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Asia bergerak mengambang antara zona merah dan zona hijau. Pada pukul 09.40 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1% menjadi 116,16, setelah sebelumnya naik dan turun sebanyak enam kali. Lebih dari dua saham yang turun berbanding dengan satu saham yang naik.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Mizuho Financial Group Inc yang turun 1,8%, Dainippon Sumitomo Pharma Co yang turun 3,1%, dan James Hardie Industries yang naik 2,3%.

Pergerakan bursa Asia yang volatile dipicu oleh sejumlah sentimen. Sentimen negatifnya, kecemasan investor mengenai krisis utang Eropa semakin memuncak. Hal itu menenggelamkan sentimen positif berupa data positif ekonomi AS.

"Pelaku pasar sudah melihat besarnya kemungkinan terjadi resesi di Eropa. Reli pasar saham mungkin terjadi jika ekonomi Eropa tidak melanjutkan perlambatan. Sementara ekonomi AS kian membaik dan eksportir melihat bahwa kondisi ekonomi AS tidak terlalu buruk," jelas Will Seddon dari White Funds Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar