Kamis, 09 Februari 2012

ASII, BBRI dan BMRI Bikin IHSG 'Tak Bahagia'

INILAH.COM, Jakarta – Indeks regional dinilai tetap dinilai tidak memberikan sinyal negatif karena masih berada di area support. Tapi, saham big caps utama membuat market tak bahagia.

Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, pada indeks regional,masih saja, tidak didapatisignal negatif. Hang Seng Index (HSI) memang turun, tapi masih jauh diatas support20.750. “Dow Jones Futures juga terkoreksi, tapi tidak signifikan,” katanya di Jakarta, Kamis (9/2).

Menurutnya, IHSG terakhir running di 3.960 – 3.965sehingga penutupanindeks diatas 3.970(support pertama) jadi memungkinkan. “Saham-saham big caps ‘yang lain’ seperti PT Indo Tambang Raya (ITMG), PT United Tractor (UNTR), dan PT Intraco Penta (INTA) kemungkinan masih bakal ditutup diatas support. GGRM bahkan bisa memberikan signal positif kalau ditutup diatas resisten pertama 56.300,” ujarnya.

Satrio menegaskan, yang membuat pelaku pasar tidak bahagiasaat ini adalah PT Astra Internasional (ASII)masih terus mengalamitekanan jual, meskipun juga posisinya terakhir sudah disekitar suport kedua di Rp72.500. PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) berada terlalu jauh dari supportpertamanya Rp7.050. “BMRI bakal memberikan signal negatif jika gagal tutup di Rp6.350 atau lebih,” imbuhnya.

Pertanyaanya, menurut dia, apakah kedepan IHSG bakal dijaga oleh saham-saham sektor konsumsi, batubara, dan semen, sementara saham big caps utama (ASII, BBRI, BMRI) masih melanjutkan koreksinya. “Terus terang, keadaan seperti ini sebenarnya sangat jarang dan sulit juga untuk berlangsung di bursa kita. Tapi namanya juga market, kita lihat deh kedepannya seperti apa,” ucapnya.

Menurutnya, saham-saham yang menjual produknya di dalam negeri seperti PT Gudang Garam (GGRM), PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), PT Intraco Penta (INTA)dan PT Unilever Indonesia (UNVR)memang terlihat menarik. “Tapi, saya belinya besok saja deh. Kalau saham-saham itu sudah menunjukkan tanda-tanda reversal dengan menembus resisten,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar