Kamis, 09 Februari 2012

Menunggu berita Yunani, bursa Asia menanjak

Menunggu berita Yunani, bursa Asia menanjak
TOKYO. Sebagian besar saham yang diperdagangkan di bursa Asia hari ini melaju. Sebagai bukti, pada pukul 15.28 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik kurang dari 0,1% menjadi 126,66. pada transaksi sebelumnya, indeks acuan di kawasan regional ini turun sebesar 1%.

Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong tak banyak mencatatkan perubahan setelah sebelumnya turun 1,1%. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average dan indeks S&P/ASX 200 Australia masing-masing turun 0,2%. Indeks Kospi Korea Selatan berhasil naik 0,5%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi pergerakan bursa Asia adalah: Lenovo Group Ltd yang reli 4,3% di Hongkong, Nippon Paper Group In naik 2% di Tokyo, dan BHP Billiton Ltd turun 1,6% di Sydney.

"Sejarah berbicara, kesepakatan di Yunani akan tercapai pada detik-detik terakhir. Banyak indikasi yang menunjukkan mereka akan mengarah kepada kesepakaran meskipun sempat tertunda selama beberapa waktu," papar Shane Oliver, Head of Investment Strategy AMP Capital Investors Ltd.

Asal tahu saja, sebagai persyaratan mendapatkan dana bailot senilai 130 juta euro atau US$ 172 miliar dari Uni Eropa dan Badan Moneter Internasional, Yunani harus melakukan pemangkasan anggaran permanen, termasuk memangkas pembayaran dana pensiun dan menurunkan gaji sebesar 20%. Saat ini, Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos masih melakukan negosiasi dengan partai politik untuk mendukung pemerintahannya terkait kebijakan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar