Kamis, 09 Februari 2012

Optimisme Yunani dongkrak indeks emerging market

Optimisme Yunani dongkrak indeks emerging market
NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa emerging market tadi malam melonjak ke level tertinggi dalam enam bulan terakhir. Pada penutupan pasar di New York pukul 16.00, indeks MSCI Emerging Market naik 1,2% menjadi 1.060,70. Sementara itu, indeks Shanghai Composite China naik 2,4%, indeks Taiex Taiwan naik 2,1%, dan indeks Micex Rusia naik untuk kali pertama pekan ini. Sementara itu, indeks Bovespa Brazil turun dari posisi tertinggi dalam sembilan bulan terakhir.

Aksi beli saham-saham di bursa emerging market terjadi setelah pimpinan Yunani berupaya keras untuk melakukan kebijakan penghematan untuk mendapatkan bailout ronde kedua.

Asal tahu saja, sebagai persyaratan mendapatkan dana bailot senilai 130 juta euro atau US$ 172 miliar dari Uni Eropa dan Badan Moneter Internasional, Yunani harus melakukan pemangkasan anggaran permanen, termasuk memangkas pembayaran dana pensiun dan menurunkan gaji sebesar 20%. Saat ini, Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos masih melakukan negosiasi dengan partai politik untuk mendukung pemerintahannya terkait kebijakan tersebut.

"Sepertinya bakal ada sejumlah resolusi di Yunani. Kecemasan mengenai risiko default sudah sedikit menghilang sehingga investor berani mengambil risiko lebih besar," jelas Greg Lesko, analis Deltec Asset Management di New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar