Kamis, 09 Februari 2012

Optimis Yunani raih bailout, bursa Eropa sumringah

Optimis Yunani raih bailout, bursa Eropa sumringah
LONDON. Pasar saham Eropa rebound untuk pertama kali dalam empat hari terakhir. Sentimen pasar terdongkrak spekulasi pembuat kebijakan zona Euro akan menyetujui paket penyelamatan untuk Yunani.
Penguatan bursa saham Eropa terlihat dari indeks acuan Stoxx Europe 600 yang naik 0,2% pada pukul 8.04 waktu London. Sementara itu, indeks Stoxx 50 maju 0,34%, lalu indeks FTSE 100 reli 0,11%, dan indeks SAX naik 0,39%. Sejatinya, kemarin, bursa Eropa sempat dibuka positif, meski kemudian ditutup melemah.

Seorang pejabat Eropa yang mengetahui persis rencana pertemuan para petinggi zona Euro membisikkan, isu default Yunani tidak akan menjadi pembahasan dalam pertemuan darurat yang akan digelar hari ini. Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos pun berharap, mereka akan membuat keputusan positif terkait paket pinjaman baru.

"Sejarah menunjukkan, Yunani akan mencapai kata sepakat pada menit-menit terakhir. Banyak indikasi menunjukkan, mereka sedang menuju ke arah itu, meskipun ada penundaan sesaat," kata Shane Oliver, kepala strategi investasi di AMP Capital Investors Ltd., di Singapura.

Yunani diperhadapkan dengan pembayaran obligasi sejumlah 14,5 miliar euro yang akan jatuh tempo pada 20 Maret. Negara tersebut sedang berjuang mengamankan dana talangan untuk mencegah runtuhnya perekonomian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar