Kamis, 23 Februari 2012

IHSG Sideways, Rekomendasi Trading

INILAH.COM, Jakarta- Bursa saham Indonesia pada Kamis (23/2) diperkirakan akan bergerak dua arah. Investor pun disarankan untuk trading buy dan sell pada beberapa saham.

Dandytra, analis pasar modal dari AM Capital mengatakan, IHSG hari ini masih akan bergerak sideways, dengan tahanan/resistant yang sangat kuat di 4.020.

“Peluang penguatan indeks di atas 4000 masih terbatas, karena fund asing masih wait and see, serta menunggu koreksi lebih dalam dari pasar saham Indonesia,” katanya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, setelah berminggu-minggu terus memberi rekomendasi negatif untuk saham perbankan dan ASII, IHSG masih bertahan di atas 3.900. Tidak ada koreksi berlebihan pada saham-saham unggulan yang dibuang oleh fund-fund asing.

Dandytra menuturkan, aksi buang saham-saham big cap ini rupanya tidak kompak, karena justru ada banyak pembeli yang mengakumulasi balik saham-saham unggulan bank dan ASII. “Terutama mengingat pertumbuhan Earning Per Share (EPS) dan pertumbuhan kredit yang masih tinggi di Indonesia.”

Ia menambahkan, IHSG butuh likuiditas baru untuk bisa tembus 4.000. Saat ini harga saham masih dianggap premium, tapi sebagian dana yang ditempatkan di obligasi pemerintah RI juga sudah berkurang imbal hasilnya, dengan potensi kenaikan capital gain terbatas. “Tidak ada pilihan bagi fund manager kecuali mengalokasikan dana di saham,” katanya.

Senada dengan JP Morgan yang mengatakan, PE pasar Indonesia sudah mencapai 20 kali, dan dianggap relatif mahal.Konsentrasi investor besar masih pencarian harga murah pada saham-saham perbankan dan ASII.

Sementara ada sektor yang masih relatif rendah, sedang potensi pertumbuhan earningnya tinggi. Salah satunya sektor batubara, dimana seiring meningkatnya harga rata-rata jual batubara dan permintaan yang perlahan pulih dari India dan China.

Di tengah situasi ini, direkomendasikan trading buy dan sell untuk beberapa saham, seperti Indika Energy (INDY), Intraco Penta (INTA) dan Delta Dunia Makmur (DOID). [nat]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar