Kamis, 05 Mei 2011

Sucorinvest : Keuangan membaik dan produksi meningkat, BUYsaham ENRG

Sucorinvest : Keuangan membaik dan produksi meningkat, BUYsaham ENRG
JAKARTA. Sucorinvest Central Gani memprediksi, tahun ini merupakan tahun kebangkitan bagi PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG). Sebab, pertumbuhan volume produksi gas dan harga jual rata-rata gas akan mendorong pertumbuhan kinerja keuangan ENRG secara signifikan.

Dengan asumsi P/E 2012 sebesar 13,2x sesuai rata-rata industri migas di kawasan regional, nilai wajar saham ENRG menurut perhitungan Sucorinvest sebesar Rp 210. "Kami memberikan rekomendasi BUY," ujar Frederick Daniel Tanggela, Analis Sucorinvest, Kamis (5/5).

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan secara fundamental. Pertama, ENRG mengalami penurunan rasio utang setelah melakukan pembayaran sebagian utang senilai Rp 2,3 triliun tahun lalu. Dana untuk membayar utang tersebut didapat dari penerbitan saham baru senilai Rp 4,6 triliun. 2009 lalu Debt to Earnings Ratio (DER) ENRG mencapai 3,3x. Pada kuartal pertama tahun ini angka tersebut turun menjadi 0,6x.

Kedua, Tahun-tahun sebelumnya ENRG mencatat kerugian akibat tingginya beban bunga yang harus ditanggung. Sampai dengan akhir tahun 2010 ENRG masih mencatat kerugian bersih akibat masih adanya bunga berjalan yang harus ditanggung. Namun pada kuartal pertama tahun ini ENRG berhasil mencatat laba bersih, yang terutama ditopang oleh semakin rendahnya beban bunga.

Frederick memperkirakan, dalam tiga tahun ke depan peningkatan volume produksi gas dan harga jual gas akan mendongkrak pendapatan ENRG sampai lima kali lipat. Pertumbuhan tersebut disumbang blok Kangean dengan volume produksi 25 mboepd dan harga jual US$ 5,15/mcf. "Diperkirakan target volume produksi sebesar 25 mboepd baru akan tercapai pada tahun 2013," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar