Kamis, 05 Mei 2011

Wah, yen perkasa di bawah level 80 per dolar


MELBOURNE. Posisi yen sore ini mengalami penguatan di bawah level 80 per dollar. Kejadian ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak 18 maret lalu. Pada waktu itu, bank sentral melakukan intervensi untuk melemahkan mata uang Negeri Sakura itu.

Pada transaksi pagi di London, yen terapresiasi sebesar 1% menjadi 79,81 per dollar. Pada pukul 11.18 waktu London, posisi yen berada di level 80,04. Sementara itu, posisi euro tak banyak mengalami perubahan di level US$ 1,4834, setelah sebelumnya menguat US$ 1,49.

"Terjadi penyesuaian resiko oleh investor. Pemicunya adalah penurunan harga komoditas dan perbedaan suku bunga acuan di sejumlah negara. Hilangnya ekspektasi akan kenaikan suku bunga di AS dan Inggris memicu tingginya permintaan yen," jelas Neil Jones, head of Eropean hedge-fund sales Mizuho Corporate Bank Ltd di London.

Sementara itu, menurut Menteri Keuangan Yoshihiko Noda, apresiasi yen hari ini berbeda dengan penguatan yang terjadi pada 18 Maret lalu. Noda bilang, penguatan yen hari ini lebih dipicu oleh pelemahan dollar AS. Dia juga menegaskan akan mengamati dengan seksama pergerakan di pasar mata uang.
http://investasi.kontan.co.id/v2/read/1304595430/66678/Wah-yen-perkasa-di-bawah-level-80-per-dolar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar