Kamis, 05 Mei 2011

Euro lanjutkan penguatan jelang rapat penentuan suku bunga ECB

Euro lanjutkan penguatan jelang rapat penentuan suku bunga ECB
SIDNEY. Mata uang Euro naik menuju harga tertingginya dalam 17 bulan terakhir terhadap dollar AS. Menguatnya euro didorong oleh spekulasi Bank Sentral Eropa atau Europe Central Bank (ECB) yang akan tingkat suku bunga.

Nilai tukar euro menguat hampir terhadap 16 mata uang utama dunia dan menguat 0,3% terhadap mata uang AS menjadi US$ 1,4873 pada pukul 14.00 waktu Singapura. Kemarin (4/5), euro menguat ke level US$ 1,4940 dan mengukuhkan penguatan euro terhadap dollar AS yang tertinggi sejak Desember 2009.

Presiden Bank Sentral Eropa Jean Claude Trichet akan memberi indikasi pada rapat ECB hari ini tentang seberapa cepat persiapan Bank Sentral untuk menaikkan tingkat suku bunga.

Menurut survei Bloomberg terhadap 48 ekonom, pembuat kebijakan moneter yang berkumpul di Helsinki hari ini kemungkinan akan mempertahankan tingkat suku bunga di level 1,25%. Credit Suisse AG memprediksi, ECB paling tidak akan meningkatkan suku bunga sebesar 92 basis poin di 12 bulan mendatang.

"Trichet akan menyoroti risiko inflasi dan hubungannya dengan harga komoditi, harga minyak dan harga pangan dunia," kata Kurt Magnus, Direktur Eksekutif Penjualan Mata Uang Nomura Holding Inc di Sidney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar