Senin, 12 September 2011

Indeks Nikkei jeblok ke level paling rendah dalam 2,5 tahun

Indeks Nikkei jeblok ke level paling rendah dalam 2,5 tahun
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Jepang kembali dilanda aksi jual. Hal ini menekan indeks Nikkei 225 Stock Average turun ke level paling rendah dalam 2,5 tahun terakhir.

Pada pukul 15.00 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 turun 2,3% menjadi 8.535,67 di Tokyo. Ini merupakan level paling rendah sejak April 2009. Sedangkan indeks Topix turun 1,9% menjadi 741,26.

Saham-saham berbasis ekspor dan perbankan terguncang karena spekulasi Yunani terancam default atas utangnya. Beberapa diantaranya yakni Sony Corp yang turun 3,4% setelah yen perkasa atas euro, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc turun 2,7% karena pelaku pasar cemas akan default Yunani, serta Sharp Corp yang anjlok 5% setelah Mizuho Securities Co memangkas target harga sahamnya.

Kecemasan investor atas kemungkinan default Yunani saat ini kian menjadi-jadi. "Adanya resiko default di Yunani memicu kecemasan mengenai sistem finansial, sehingga yang teringat kembali adalah guncangan Lehman," jelas Mitsuo Shimizu, analis Cosmo Securities Co di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar