Kamis, 27 Oktober 2011

Bailout Meningkat, Bursa Eropa Tambah Kuat

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa meningkat tajam pada perdagangan Kamis (27/10) dengan kesepakatan pemimpin Uni Eropa meningkatkan bailout Uni Eropa hingga 1 triliun euro.

Indeks FTSE naik 1,9% ke 5.661,30, indeks DAX naik 3,2% ke 6.212 dan indeks CAC naik 3,3% ke 3.274 seperti dikutip dari yahoofinance.com. Kesepakatan lain dalam KTT itu adalah pemotongan pinjaman bagi swasta pemegang obligasi Yunani.

"Meskipun belum terlalu detail perpanjangan EFSF akan meningkatkan kemampuan Yunani, walaupun sangat sedikit ketidakpastian yang berkurang dari pertemuan itu," kata Philippe Gijsels, kepala riset di BNP Paripas Fortis Global Markets di Brussels.

Sektor swasta setuju dengan pemangkasan tersebut untuk mengurangi beban utang Yunani 100 miliar euro. Sementara sekitar 250 miliar euro dari fasilitas stabilisasi keuangan Eropa (EFSF) akan dimanfaatkan hingga 5 tahap.

"Ini sangat penting untuk meyakinkan pasar sehingga jadi rencana yang baik untuk pemulihan kepercayaan menjadi sangat penting dalam proses pemulihan," katanya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar