Kamis, 27 Oktober 2011

Kesepakatan Utang Akan Dongkrak Saham Eropa

Kesepakatan Utang Akan Dongkrak Saham Eropa
INILAH.COM, London - Saham Eropa Kamis (27/10) diprediksi akan dibuka naik tajam setelah para pemimpin Eropa sepakat untuk meningkatkan talangan untuk utang negara zona euro dan membuat kesepakatan dengan pemegang obligasi swasta yang akan memberikan potongan sebesar 50% utang pemerintah Yunani.

CNBC melaporkan indeks FTSE diprediksi akan naik 75 poin, indeks DAX di Frankfurt naik 103 poin, dan indeks CAC 40 naik 73 poin. Perjanjian tentang write-down dari utang pemerintah Yunani adalah elemen terakhir yang disepakati setelah para pemimpin menegaskan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa yang akan digunakan untuk membantu utang zona euro sebesar $ 1,4 triliun dan bank zona euro harus meningkatkan modal sekitar 106 miliar euro ($ 146 miliar) pada akhir Juni 2012 untuk mengembalikan kepercayaan di sektor ini.

Hang Seng memimpin indeks di Asia dengan keuntungan sebesar 1,5 persen, sedangkan Nikkei dan Shanghai Composite meningkat sekitar 0,6 persen. Italia berhasil untuk meredakan beberapa kekhawatiran pada akhir Rabu setelah Perdana Menteri Silvio Berlusconi mengirim surat kepada para pemimpin Eropa yang menguraikan rencana untuk menyeimbangkan anggaran negara dengan cara sejumlah reformasi dan langkah-langkah penghematan.

Namun, Berlusconi kemudian dalam sebuah show di televisi Italia mengkritik Bank Sentral Eropa dengan mengatakan kepada pemirsa: "Euro adalah mata uang tanpa bank sentral di belakangnya untuk menjaminnya,". Dia juga menyalahkan institusi untuk masalah utang Italia, menurut Dow Jones.

Berlusconi juga menepis rumor bahwa ia telah mencapai kesepakatan dengan sekutu koalisi untuk mengundurkan diri awal tahun depan sebagai imbalan atas dukungan mereka dalam bentuk masa pensiun.

Kamis akan didominasi oleh pendapatan data dari Eropa, dengan sejumlah perusahaan terkemuka melaporkan hasil kuartal ketiga mereka. Perusahaan minyak dan gas dunia Royal Dutch Shell akan merilis data kuartal ketiga pada perdagangan Kamis dan perusahaan energi Norwegia Statoil juga akan memberikan laporan. Dari Perancis, Areva, Renault dan France Telecom akan mengumumkan hasil kuartalan mereka, sementara Bayer Jerman juga akan merilis laporan kuartalan, Daimler dan Lufthansa.

BASF melaporkan laba sebelum pajak lebih baik dari yang diperkirakan sebesar 1,96 miliar euro ($ 2,71 miliar) terhadap perkiraan Reuters 1,89 miliar euro ($ 2,64 miliar), tetapi memperingatkan pertumbuhan melambat sejak semester pertama tahun 2011 dan tren tampaknya akan terus berlanjut sampai akhir tahun.

Volkswagen akan merilis pendapatannya kemudian pada Kamis pagi sekitar pukul 09:00 waktu Inggris. Perusahaan farmasi Inggris AstraZeneca dan perusahaan perangkat lunak Autonomy juga akan melaporkan pendapatan pada hari Kamis.

Banyak ekonom dan pembuat kebijakan terkemuka di dunia akan bertemu untuk sebuah seminar pra-G20 di Paris pada Kamis, dengan mantan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, kepala WTO Pascal Lamy, CEO Google Eric Schmidt dan ekonom Nouriel Roubini diperkirakan hadir.

Di Irlandia, pemilihan Presiden akan berlangsung dengan non-akting Wakil Menteri Pertama Irlandia Utara, Martin McGuinness Sinn Fein hadir sebagai kandidat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar