Kamis, 27 Oktober 2011

Keputusan Eropa menyebabkan mata uang Asia perkasa

Keputusan Eropa menyebabkan mata uang Asia perkasa
SEOUL. Mata uang Asia mencatatkan penguatan hari ini. Pada pukul 12.10 waktu Seoul, won Korea Selatan menguat 0,6% menjadi 1.125,30 per dollar AS. Sementara itu, peso Filipina menguat 0,2% menjadi 43,10 dan baht Thailand menguat 0,1% menjadi 30,78.

Keperkasaan mata uang Asia juga tercermin dalam Bloomberg-JPMorgan Asia Dollar Index, yang mengukur kekuatan 10 mata uang Asia yang paling sering ditransaksikan di luar yen. Pagi ini, Bloomberg-JPMorgan Asia Dollar Index naik 0,3% menjadi 116,57. Ini merupakan level tertinggi dalam lima pekan terakhir.

Penguatan mata uang Asia seiring adanya kemajuan dalam pertemuan pimpinan Uni Eropa dalam mengatasi krisis utangnya. Selain itu, langkah Prancis yang meminta bantuan dana dari China untuk menambahkan dana bailout Eropa juga menjadi sentimen positif bagi mata uang regional.

"Berita tersebut memberikan sedikit rasa percaya diri kepada pasar. Kita masih harus mengawasi deleverage dan rekapitalisasi perbankan," jelas Faizal Yussof, currency trader KAF Investment Bank Bhd di Kuala Lumpur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar