Kamis, 27 Oktober 2011

Masih banyak pertanyaan terkait Eropa, bursa Jepang bergerak liar

Masih banyak pertanyaan terkait Eropa, bursa Jepang bergerak liar
TOKYO. Saham-saham di bursa Jepang bergerak liar pada transaksi hari ini. Pada pukul 10.00 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,1% menjadi 8.759,37. Sementara, indeks Topix tak banyak mencatatkan perubahan.

Sejumlah saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Jepang antara lain: Mizuho Financial Group Inc yang turun 0,9%, Nippon Electric Glass Co memimpin penurunan pada saham produsen kaca, dan Olympus Corp melonjak 9%.

Pergerakan liar bursa Negeri Sakura terjadi akibat kecemasan investor mengenai pertemuan pimpinan Uni Eropa yang meninggalkan banyak sekali pertanyaan yang tidak terjawab. Sekadar mengingatkan, pada pertemuan di Brussels kemarin, pimpinan Eropa menyepakati rencana rekapitalisasi perbankan. Sementara, perundingan mengenai kerugian yang harus ditanggung oleh pemilik obligasi terkait dana bailout Yunani yang kedua menemui jalan buntu.

"Karena Eropa tidak dapat menyetujui seberapa dalam kerugian yang harus ditanggung pemegang obligasi, skema untuk mengatasi kebangkrutan Yunani masih tidak jelas. Hal ini berdampak negatif bagi pasar," jelas Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Investment Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar