Selasa, 25 Oktober 2011

Pasar saham naik, euro mendekati level tertinggi dalam enam pekan

Pasar saham naik, euro mendekati level tertinggi dalam enam pekan
TOKYO. Pergerakan euro pagi ini menguat terhadap dollar AS. Pada pukul 08.31 waktu Tokyo, euro ditransaksikan pada level US$ 1,3918 dari US$ 1,3929 di New York, kemarin. Pergerakan euro ini kian mendekati level paling perkasa dalam enam minggu terakhir.

Sementara, posisi mata uang 17 negara ditransaksikan tak banyak mengalami perubahan di posisi 105,99 yen. Sedangkan dollar diperdagangkan pada posisi 76,15 yen dari sebelumnya 76,10 yen.

Pelemahan dollar terjadi seiring kenaikan pasar saham dunia. Asal tahu saja, kemarin, MSCI World Index naik 1,5%. Sedangkan indeks S&P 500 naik 1,3%.

"Mengikuti kenaikan pada pasar saham, pasar mata uang menjadi lebih optimistik mengenai perkembangan pembahasan krisis utang Eropa. Alhasil, dollar dilanda aksi jual," jelas Kengo Suzuki, manager of foreign-bond department di Mizuho Securities Co di Tokyo.

Catatan saja, Dollar Index, yang mengukur kekuatan dollar terhadap sejumlah mata uang dunianya termasuk yen dan euro, tak banyak berubah di posisi 76,146. Pergerakan euro besok masih akan dipengaruhi oleh pertemuan pimpinan Uni Eropa di Brussels.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar