Selasa, 25 Oktober 2011

Menunggu keputusan Eropa, bursa Asia dilanda aksi jual

Menunggu keputusan Eropa, bursa Asia dilanda aksi jual
TOKYO. Sebagian besar indeks acuan Asia dilanda aksi jual pagi ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average, misalnya, turun 0,4%. Sementara, indeks Kospi Korea Selatan tak banyak mengalami perubahan, dan indeks S&P/ASX 200 turun 0,2%.

Alhasil, pada pukul 09.55 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1% menjadi 119. Dari setiap tiga saham yang melorot, hanya ada satu saham yang naik.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Toyota Motor Corp yang turun 1,3%, Komatsu Ltd naik 2,6%, serta National Australia Bank Ltd yang turun 1,1%.

Penurunan bursa Asia terjadi karena investor saat ini tengah menunggu keputusan pimpinan Eropa terkait strategi mereka dalam menyelesaikan krisis utangnya. "Sangat jelas, faktor dominan yang mempengaruhi bursa Asia adalah apa yang terjadi di Eropa. Pada tahapan ini, menurut saya, ada optimisme bahwa pimpinan Eropa akan mencapai kesepakatan. Namun, tak sedikit dari investor yang meragukan, sehingga mereka menunggu keputusan besok," urai Angus Gluskie dari White Funds Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar