Selasa, 25 Oktober 2011

Won menguat ke level paling perkasa dalam lima pekan terakhir

Won menguat ke level paling perkasa dalam lima pekan terakhir
SEOUL. Won Korea Selatan menguat ke level tertinggi dalam lima pekan terakhir. Pada pukul 09.45 waktu Seoul, won menguat 0,3% menjadi 1.130,20 per dollar. Sebelumnya, won menyentuh level 1.128,13, yang merupakan posisi paling perkasa sejak 19 September lalu.

Penguatan won ke level paling tinggi dalam lima minggu terakhir terjadi setelah data manufaktur China mendongkrak outlook ekspor Korea Selatan. Selain itu, spekulasi bahwa Eropa akan mampu menangani krisis utangnya menurunkan permintaan atas dollar AS.

"Won masih akan terus mencatatkan kenaikan seiring penantian investor akan hasil pertemuan pimpinan Eropa besok. Data manufaktur China menyokong pergerakan won karena investor melihat hal tersebut sebagai salah satu kunci indikator pertumbuhan ekonomi global," jelas Yu Won Jun, currency dealer Korea Exchange Bank di Seoul.

Sekadar tambahan informasi, dokumen yang dirilis pemerintah Jerman menunjukkan, European Financial Stability Facility dapat didongkrak dengan dua model yang dapat dikombinasikan dan diimplementasikan secara cepat. Sementara, data manufaktur China naik ke level 51,1 dari posisi bulan lalu di level 49,9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar