Selasa, 25 Oktober 2011

Harga kontrak emas menanjak seiring optimisme pertumbuhan China

Harga kontrak emas menanjak seiring optimisme pertumbuhan China
NEW YORK. Harga kontrak emas kembali diperdagangkan menanjak kemarin malam. Pada pukul 14.21 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember naik 1% menjadi US$ 1.652,30 per troy ounce di Comex, New York. Sebelumnya, pada 21 Oktober lalu, harga kontrak emas sempat melonjak 1,4%.

Kenaikan harga emas juga menandai lonjakan harga komoditas dunia. Sebab, ada optimisme investor terhadap pertumbuhan ekonomi China yang mendongkrak prospek permintaan bahan baku. Asal tahu saja, indeks Standard & Poor's GSCI dari 24 bahan baku mencatatkan kenaikan 2,4%.

Lonjakan indeks komoditas tersebut terjadi setelah dirilisnya data yang menunjukkan kemungkinan manufaktur China akan naik pada Oktober untuk kali pertama dalam empat bulan. Lonjakan harga emas juga terjadi pada kecemasan investor bahwa pemerintah AS akan fokus pada kebijakan moneter yang bertujuan mendongkrak pertumbuhan sehingga akan memicu inflasi.

"Optimisme mengenai pertumbuhan China mendorong kenaikan seluruh harga komoditas, termasuk di dalamnya emas. Beberapa investor juga tengah memburu investasi safe haven," trader di Heraeus Precious Metals Management di New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar