Senin, 14 November 2011

Ekspektasi Italia, Bursa Eropa akan Ceria

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa diprediksi akan menguat pada perdagangan Senin (14/11) dengan pembentukan pemerintahan baru di Italia dan Yunani mengambil solusi mengatasi krisis utang Eropa.

Indeks FTSE akan naik 16 poin, indeks DAX diprediksi akan naik 51 poin dan indeks CAC akan naik 24 poin, demikian mengutip yahoofinance.com.

Italia sedang menguji minat pasar hari ini dengan melelang obligasi dengan jatuh tempo 5 tahun senilai 3 miliar euro atau senilai US$4,13 miliar. Ini menjadi ujian awal Mario Monti, mantan anggota Komisioner Eropa yang ditunjuk sebagai nahkoda pemerintahan baru Italia menggantikan Silvio Berlusconi.

Pada pekan lalu imbal hasil obligasi Italia dengan jatuh tempo 10 tahun melonjak hingga di atas 7%, setelah Berlusconi menolak mundur. Saat ini, Berlusconi pun menyatakan kariernya belum tamat.

Sementara di Jerman, Angela Merkel sedang disibukan dengan kongres partainya selama dua hari. Pembahasan diperkirakan didominasi mengatasi krisis utang Eropa.

Meskipun pemilu baru dilakukan 2013 tetapi sejak awal dia sudah mengamankan posisinya. Merkel harus meyakinkan Uni Demokratik tentang masa depan Uni Eropa.

Sedangkan Jepang mengakhiri ressei dengan pertumbuhan PDB kuartal III mencapai 1,5% dibanding kuartal sebelumnya. Kinerja ini dinilai cukup cepat sejak dilanda gempa dan gelombang tsunami pada Maret lalu.

Bursa saham Asia menguat seperti indeks Hang Seng naik 2,1%, indeks Shanghai naik 1,5%, indeks Nikkei naik 1,05%, indeks Kospi naik 2,1%, indeks STI naik 1,5%, indeks KLSE naik Rp0,8%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar