Senin, 14 November 2011

Reformasi Italia & Yunani, Bursa Eropa Bertaji

Reformasi Italia & Yunani, Bursa Eropa Bertaji
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa memperpanjang reli pada perdagangan Senin (14/11) dengan optimisme pemerintahan baru di Italia dan Yunani untuk melakukan reformasi radikal mengatasi krisis utang.

Indeks FTSE naik 0,1% ke 5.556, indeks CAC naik 0,25 ke 3.157 dan indeks DAX naik 0,2% ke 6.069, demikian mengutip yahoofinance.com.

Pekan ini, Monti yang menggantikan Berlusconi menjadi perdana menteri harus menyerahkan nama-nama menteri kepada Presiden Italia, Giorgia Napolitano. Perkembangan terakhir, kubu Berlusconi menyampaikan kepada Napolitano akan mendukung pemerintahan Monti.

"Kami sekarang memiliki dua karakter yang kuat siap untuk menempatkan kepentingan umum dan mereka memiliki niat yang naik untuk mulai. Tantangan mereka adalah melakukan penghematan fiskal dan reformasi anggaran," kata Mike Lenhoff, analis di Brewin Dolphin.

Pasar mengharapkan mereka membangun kredibilitas lagi. Ujian pertama adalah lelang obligasi Italia senilai 3 miliar euro untuk jangka waktu 5 tahun. Sebelumnya imbal hasil obligasi 10 tahun Italia melonjang hingga 7% lebih.

Euro naik menjadi US$1,3755 di London dari US$1,3750 di New York pada Jumat pekan lalu. Sementara euro terhadap yen menjadi 106,09 dan dolar terhadap yen merosot 0,1% menjadi 77,14 yen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar