Senin, 14 November 2011

Euro mencatatkan penguatan setelah terbentuk pemerintah baru Italia

Euro mencatatkan penguatan setelah terbentuk pemerintah baru Italia
TOKYO. Pergerakan euro pagi ini mencatatkan penguatan. Dengan demikian, keperkasaan euro sudah terjadi selama tiga hari terakhir. Pada pukul 08.15 waktu Tokyo, euro menguat 0,2% menjadi US$ 1,3781 dari US$ 1,3750 di New York pada 11 November lalu.

Sementara, jika berhadapan dengan yen, mata uang 17 negara itu menguat 0,3% menjadi 106,39 yen. Sedangkan posisi dollar tak banyak berubah dari posisi pekan lalu di level 77,20 yen.

Penguatan euro terkait optimisme investor mengenai perkembangan situasi terakhir di Eropa. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Mario Monti, mantan European Union competition commissioner, akan memimpin pemerintahan baru di Italia. Hal ini terjadi setelah krisis utang Eropa menyebabkan bubarnya pemerintahan koalisi pimpinan Perdana Menteri Silvio Berlusconi.

Presiden Italia Giorgio Napolitano menawarkan Monti posisi tersebut setelah melakukan pertemuan dengan seluruh partai politik Italia di Quirinale Palace di Roma.

"Kita melihat adanya awal positif pada pekan ini dengan terbentuknya pemerintahan teknokrat baru di Italia dan Yunani. namun, masih banyak ketidakpastian yang mempengaruhi pasar. Kita akan melihat euro akan menguji batas atasnya," jelas Emma Lawson, currency strategist National Australia Bank Ltd di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar