Senin, 14 November 2011

Kondisi Eropa membaik, bursa Jepang diwarnai aksi beli

Kondisi Eropa membaik, bursa Jepang diwarnai aksi beli
TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Jepang melesat pagi ini. Pada pukul 09.31 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,5% menjadi 8.642,03. Ini merupakan lonjakan terbesar sejak 4 November lalu. Sedangkan indeks Topix naik 1,4% menjadi 739,32.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Sumitomo Mitsui Financial Group Inc yang naik 3,3%, Nippon Sheet Glass Co naik 4,3%, dan Olympus Corp juga naik setelah berhasil menghindari ancaman delisting dari otoritas bursa setempat.

Aksi beli yang melanda bursa Jepang terdongkrak sentimen data pertumbuhan ekonomi Negeri Sakura di kuartal III. Selain itu, pelaku pasar juga optimistis pemerintahan baru di Yunani dan Italia akan membantu penyelesaian krisis utang di kawasan tersebut.

"Situasi di Yunani membaik secara dramatis dengan penunjukan pemerintahan koalisi. Kondisi di Italia juga sudah mendekati resolusi baru. Dua kecemasan utama pasar mulai diangkat dari pembahasan," jelas Angus Gluskie dari White Funds Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar