Senin, 14 November 2011

Dukung Monti, Euro Mulai Bergigi

Headline
INILAH.COM, Singapura - Kurs euro menguat pada perdagangan Senin (14/11) di Asia dengan prospek kemampuan Italia mengatasi utang yang dilakukan pemerintahan baru yang dipimpin Mario Monti.

Penguatan euro didukung pernyataan Menkeu Yunani yang memprioritaskan mendapat bailout dari Uni Eropa dengan pemerintahan baru yang dipimpin Lucas Papademos. "Kami melihat awal yang bagus dengan pemerintahan baru di Italia dan Yunani, walaupun masih banyak ketidakpastian," kata Emma Lawson, pengamat valas di National Australia Bank Ltd di Sydney.

Euro naik menjadi US$1,3755 di London dari US$1,3750 di New York pada Jumat pekan lalu. Sementara euro terhadap yen menjadi 106,09 dan dolar terhadap yen merosot 0,1% menjadi 77,14 yen, demikian mengutip yahoofinance.com.

Pekan ini, Monti yang menggantikan Berlusconi menjadi perdana menteri harus menyerahkan nama-nama menteri kepada Presiden Italia, Giorgia Napolitano. Perkembangan terakhir, kubu Berlusconi menyampaikan kepada Napolitano akan mendukung pemerintahan Monti.

Euro telah turun 0,8% selama enam bulan terakhir. Pergerakan euro selalu tertekan isu krisis utang Uni Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar