Senin, 14 November 2011

Bursa Asia terdongkrak sentimen Eropa dan China

Bursa Asia  terdongkrak sentimen Eropa dan China
TOKYO. Setelah mencatatkan pelemahan dalam dua pekan terakhir, sore ini bursa Asia menanjak. Pada pukul 16.42 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,4% menjadi 118,99. Sepuluh sektor yang terhimpun dalam indeks Asia bergerak di area positif. Sebelumnya, dalam dua pekan terakhir, indeks turun 5,9%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,1% setelah pemerintah Negeri Sakura merilis data yang menunjukkan tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 6% pada tiga bulan yang berakhir 30 September. Sementara itu, indeks Hang Seng Hongkong naik 2,2% dan Shanghai Composite index China naik 1,9%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,2% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 2,1%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Nissan Motor Co yang naik 2%, China Overseas Land & Investment Ltd naik 6,8%, dan BYD Co yang naik 24%.

Lonjakan bursa Asia hari ini terkait dengan optimisme investor terhadap pemerintahan baru di Italia. Selain itu, sentimen positif lainnya adalah pernyataan ekonom yang mengatakan China akan mengalami soft landing pada perekonomiannya.

"Pemerintahan Italia sudah mulai terbentuk sekarang, sehingga meredakan kecemasan investor akan default negara tersebut," jelas Naoki Fujiwara dari Shinkin Asset Management Co di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar