Kamis, 01 Desember 2011

Aksi global bank sentral bikin bursa Asia semangat

Aksi global bank sentral bikin bursa Asia semangat
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia menanjak pagi ini. Dengan demikian, pasar saham Asia sudah reli selama empat hari berturut-turut. Pada pukul 09.18 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,8% menuju level tertinggi dalam dua pekan terakhir.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 2,3%, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 2,4%, dan indeks Kospi Korea Selatan naik 3,4%.

Lonjakan pasar saham Asia terjadi setelah enam bank sentral global melakukan koordinasi bersama dalam meringankan beban perbankan dengan menurunkan biaya pinjaman mata uang dollar AS. Tujuannya tak lain agar krisis utang Eropa yang mengancam perlambatan ekonomi global bisa teratasi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, The Fed mengungkapkan, biaya pinjaman premium dollar AS dalam kurun waktu semalam dari bank sentral dunia akan turun menjadi 50 basis poin. Pinjaman yang juga dikenal dengan dollar swap lines ini akan diperpanjang selama enam bulan hingga 1 Febuari 2013. Sedianya, swap lines ini habis masa berlakunya pada 1 Agustus 2012. The Fed melakukan langkah koordinasi ini dengan European bank Central, Central banks of Canada, Swiss, Jepang, dan Inggris.

"Kebijakan moneter global saat ini mendukung pemulihan ekonomi. Namun, pelaku pasar masih tetap memperhatikan kondisi yang terjadi di Eropa," jelas David Joy, chief market strategist Ameriprise Financial Inc.

Selain itu, di China, People's Bank of China juga sudah memangkas persyaratan giro wajib minimum oleh perbankan untuk pertama kalinya sejak 2008. Sedangkan Brazil kemarin juga memangkas suku bunga acuan, menyusul Israel dan Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar