Senin, 06 Februari 2012

Partai Koalisi Yunani Sikapi Syarat Utang Hari Ini

Medium
INILAH.COM, Athena - Partai koalisi Yunani harus memberitahu Uni Eropa Senin (6/2) ini apakah mereka menerima syarat-syarat menyakitkan dari kesepakatan bailout baru akibat kesabaran Uni Eropa (EU) dikhawatirkan menipis dengan kebimbangan politik di Athena atas pelaksanaan reformasi.

Perdana Menteri Teknokrat Lucas Papademos memberanikan diri saat dia mencoba untuk menemui pimpinan tiga partai dari pemerintahannya Minggu (5/2) untuk menandatangani syarat-syarat penyelamatan 130 miliar euro (US$170 miliar), yang Yunani perlukan segera untuk menghindari default utang.

Papademos seperti dikutip Reuters mengatakan dalam sebuah pernyataan kepala partai - yang mungkin menghadapi amarah pemilih di polling parlemen segera setelah April - telah menyepakati langkah-langkah yang termasuk pemotongan upah dan reformasi lainnya sebagai bagian dari pengetatan pengeluaran senilai 1,5 persen dari produk domestik bruto.

Tapi juru bicara Partai Sosialis PASOK mengatakan sejumlah isu-isu utama yang diminta oleh kreditor internasional 'Troika,' mewakili Yunani Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan pemberi pinjaman IMF, tetap belum terpecahkan.

Pembicaraan tentang bailout baru, yang akan menjadi bailout tahap kedua Yunani sejak 2010 - dan sebuah kesepakatan yang menyertainya untuk meringankan beban utang besar negara melalui kreditor swasta yang menerima kerugian besar pada obligasi yang mereka pegang - telah terkendala selama berminggu-minggu, mempersempit kesabaran Uni Eropa pada titik tertentu. "Semua hal sangat sulit dan sulit," ujar seorang pejabat pemerintah Yunani.

"Para pemimpin politik harus memberikan tanggapan mereka pada prinsipnya siang besok, sehingga dapat dibawa ke pertemuan Euro Working Group di Brussels," kata juru bicara PASOK Panos Beglitis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar