Senin, 06 Februari 2012

Bursa Asia melaju kencang pada transaksi pagi

TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Asia menanjak pagi ini. Pada pukul 09.35 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8% menjadi 125,36. Kenaikan tersebut mendekati level tertinggi sejak 1 September lalu.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,2%, sedangkan indeks Topix naik 1,3%. Di Australia, indeks S&P/ASX 200 naik 1,2% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8%.

Sejumlah saham yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa Asia antara lain: Nikkon Corp yang melompat 10% di Tokyo, Panasonic Corp naik 6,7% di Tokyo, dan BHP Billiton Ltd naik 1,6% di Sydney.

Perburuan investor atas saham-saham di kawasan regional terjadi setelah data ekonomi AS, khususnya data tenaga kerja, melampaui estimasi analis. Hal itu mendongkrak optimisme investor bahwa perekonomian AS mulai pulih sehingga menyebabkan outlook kinerja perusahaan eksportir Asia menjadi positif.

"Terdapat outlook konstruktif yang moderat bagi pasar saham Asia. Pada paruh kedua tahun lalu, pembicaraan masih berkaitan mengenai apakah AS akan kembali jatuh ke jurang resesi atau tidak. Sekarang saya rasa pembicaraannya sudah mulai berubah yaitu seberapa besar pemulihan ekonomi di AS," jelas Andrew Pease, chief investment strategist Asia-Pacific region Russell Investment Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar