Senin, 06 Februari 2012

Bakrie 'Tendang' Rothschild dari Direktur Bumi Plc

Jakarta - Kongsi Grup Bakrie dan Samin Tan akan menggeser Nathaniel Philip Victor James Rothschild dari posisi Direktur di Bumi Plc. Rencana ini akan dibahas dalam rapat umum pemegang saham Bumi Plc berikutnya.

Berdasarkan keterangan tertulis di situs resmi Bumi Plc yang dikutip Senin (6/2/2012), perusahaan yang dulunya bernama Vallar Plc itu sudah menerima usulan dari Borneo Bumi Energi & Metal Pte. Ltd selaku pemilik 5% saham dengan hak suara di Bumi Plc untuk perombakan direksi.

Hal itu sesuai dengan pasal 303 Companies act 2006. Rapat umum pemegang saham untuk perombakan tersebut bisa dilakukan dalam jangka waktu 49 hari setelah pengumuman.

Perusahaan itu mengusulkan salah satu orang terkaya di Indonesia, Samin Tan sebagai Komisaris Utama dan Indra Bakrie sebagai Wakil Komisaris Utama.

Bumi Plc juga sudah memiliki daftar direksi baru untuk jajaran direksi, yaitu Presiden Komisaris Kaltim Prima Coal (KPC), Nalinkant A. Rathod, diusulkan menjadi CEO menggantikan Ari Hudaya. Sementara Scott Merrillees ditunjuk menjadi Direktur Keuangan menggeser Andrew Beckham.

Sedangkan untuk jajaran direksi lainnya yang akan diangkat diantaranya, Jean-Marc Mizrahi, Alexander Ramlie, Michael Lucente, dan Graham Holdaway.

Dengan demikian, orang-orang yang akan 'ditendang' dari jabatannya di Bumi Plc adalah Nathaniel Rothschild, Andrew Beckham, James Campbell, Badung Tariono dan Amir Sambodo.

Usulan dari Borneo itu tidak akan mengubah posisi direksi lainnya, yaitu Sir Julian Horn-Smith, Sir Graham Hearne, Lord Renwick, Sony B Harsono, Philip Yeo, Steve Shapiro dan Rosan Roeslani.

Sementara untuk jadwal rapat umum pemegang sahamnya masih belum ditentukan. "Perusahaan sudah sepakat bahwa jajaran direksi akan menggelar rapat berdasarkan jangka waktu yang disepakati," ujar pengumuman tersebut.

Seperti diketahui, pemilik PT Borneo Lumbung Energi Metal Tbk (BORN), Samin Tan kini sudah tidak lagi menjadi Direktur Utama. Hal ini didasarkan atas transaksi pembelian 23,8% saham Bumi Plc oleh BORN dari pemilik lama, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan Long Haul Holdings Ltd (LHH).

Samin akan menjabat Chairman di Bumi Plc, menggantikan Indra Bakrie. Dengan jabatan barunya, ia lebih leluasa mengembangkan seluruh aset baik langsung atau tidak langsung di Bumi Plc, mulai dari PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU), PT Kaltim Prima Coal (KPC) atau lainnya.

Memang sudah sejak lama kongsi Grup Bakrie dengan Nathaniel Philip Rothschild di Bumi Plc retak. Secara diam-diam, Rothschild melancarkan serangan untuk menguasai saham mayoritas di Bumi Plc, Grup Bakrie pun siap melawan.

Kedua grup raksasa ini mulai perang dingin sejak pihak Rothschild berniat menguasai lebih banyak saham lagi di Bumi Plc yang sebelumnya bernama Vallar Plc ini. Apalagi, Grup Bakrie akhirnya menggandeng Grup Borneo untuk melakukan perlawanan.
(ang/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar