Senin, 06 Februari 2012

Jelang deadline bailout Yunani, bursa Eropa jatuh

LONDON. Ketidakpastian bailout Yunani menekan bursa saham Eropa, hari ini. Pasar saham Eropa tergelincir, seiring Yunani kian mendekati batas waktu persetujuan pengucuran bailout kedua.

Indeks acuan Stoxx 600 tergelincir 0,4% ke 263,56 pada pukul 8.03 waktu London, setelah berhasil reli 3,6% pada pekan lalu. Sementara itu, indeks Euro Stoxx 50 tercatat melemah 0,36%, lalu indeks FTSE 100 turun 0,19%, dan indeks DAX tergerus 0,21%.

Saham bank kedua terbesar di Prancis, Societe Agricole SA, dan Credit Agricole SA, masing-masing terpangkas lebih dari dari 2%.

Para pemimpin zona Euro terus menekan Yunani untuk menerima persyaratan yang diminta oleh pemberi pinjaman internasional. Hal itu untuk mencegah terjadinya gagal bayar yang bisa meruntuhkan kondisi keuangan di zona tersebut.

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos telah mencapai kesepakatan tentatif dengan para pemimpin partai koalisi untuk melanjutkan pemangkasan anggaran. Ini sebagai salah satu syarat untuk pengucuran bailout kedua senilai 130 miliar euro. Para pemimpin di Athena dijadwalkan akan bertemu hari ini, untuk menyelesaikan kesepakatan akhir.

Kreditur internasional memberikan batas waktu bagi Yunani untuk membuat kesepakatan akhir hingga pukul 11 pagi di Athena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar