Senin, 06 Februari 2012

Posisi euro masih melemah terhadap dolar dan yen

LONDON. Pergerakan euro sore ini masih melemah terhadap dolar AS dan yen Jepang. Pada pukul 08.05 waktu London, euro melemah 0,5% menjadi US$ 1,3088. Mata uang 17 negara ini juga melemah 0,5% menjadi 100,19 yen. Sementara, posisi dolar AS tak banyak mencatatkan perubahan di level 76,61 yen.

Melemahnya euro terjadi sebelum pimpinan Yunani memberikan respons atas permintaan kreditur internasional mengenai kebijakan ekonomi di negaranya. "Sangat jelas, pembicaraan antara Yunani dan krediturnya mempengaruhi sentimen risiko dan dinamika euro. Pasar masih sedikit gugup. Sebab, risiko default Yunani masih besar kemungkinan terjadinya," jelas Jeremy Stretch, head of currency strategy Canadian Imperial Bank of Commerce di London.

Sekadar informasi saja, pimpinan partai politik Yunani harus memberikan respon cepat terhadap permintaan Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Badan Moneter Internasional mengenai kebijakan ekonomi yang akan ditetapkan, termasuk di dalamnya pemangkasan gaji. Respon tersebut dijadwalkan akan disampaikan pada pukul 11.00 waktu setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar