Senin, 06 Februari 2012

Euro keok terhadap 13 dari 16 mata uang dunia

TOKYO. Pergerakan euro pagi ini keok terhadap 13 dari 16 mata uang utama dunia. Pada pukul 08.12 waktu Tokyo, euro melemah 0,2% menjadi US$ 1,3129 dari penutupan di New York pada 3 Febuari lalu. Euro juga keok 0,3% menjadi 100,50 yen. Sedangkan posisi dolar AS tak banyak mencatatkan perubahan di posisi 76,55 yen setelah sebelumnya menguat 0,5% dalam dua hari sebelumnya.

Pelemahan euro tesbeut terjadi sebelum Yunani merespon permintaan kreditur internasional terkait kebijakan ekonominya. "Kami melihat pergerakan melemah untuk euro dalam jangka waktu menengah. Para pimpinan Yunani tidak memiliki banyak waktu untuk menentukan kebijakan," jelas Sean callow, senior currency strategist Westpac Banking Corp di Sydney.

Asal tahu saja, pimpinan politik Yunani harus memberikan respon cepat atas permintaan Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Badan Moneter Internasional terhadap kebijakan ekonomi, termasuk di dalamnya pemangkasan gaji, pada pukul 11.00 pagi waktu setempat.

Perdana Menteri Lucas Papademos berhasil mencapai beberapa kesepakatan kemarin (6/2) dengan tiga pimpinan partai terkait dengan pemangkasan anggaran tambahan tahun ini. Papademos kembali akan menggelar pertemuan dengan pimpinan partai untuk membicarakan hal itu secara detil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar