Kamis, 30 Juni 2011

Voting Yunani Sukses, Bursa Asia Menguat Tiga Hari

Headline
INILAH.COM, Singapura - Saham Asia menguat, dan indeks acuan menuju penutupan tertinggi dalam sebulan. Kekhawatiran krisis perbankan mereda setelah Yunani menyetujui langkah penghematan dan Jerman mengarah pada kesepakatan roll over kepemilikan utang Yunani.

Indeks MSCI Asia Pacific pada Kamis (30/6) naik 1,4% menjadi 135,17, penutupan tertinggi sejak 1 Juni dan meredam penurunan kuartalan hingga 0,4%. Sekitar tiga saham naik untuk setiap yang jatuh.

"Masih akan ada banyak liku-liku, namun Yunani telah mampu menghindari skenario terburuk," kata Mitsushige Akino, di Ichiyoshi Investment Management Co Tokyo "Itu membuat lebih mudah bagi investor untuk mengambil risiko. "

Indeks S & P / ASX 200 Australia naik 1,7%. Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 1,5%, dan indeks komposit Shanghai naik 1,2%. Indeks Kospi Korea Selatan juga naik 0,3%. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,2%, setelah berayun antara koreksi dan apresiasis setidaknya enam kali.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 naik 0,2% hari ini. Indeks naik 0,8% kemarin karena parlemen Yunani menyetujui pemotongan anggaran dan kenaikan pajak untuk memenuhi kondisi Eropa atas dana talangan lebih. Bank Amerika termasuk Citigroup Inc dan Bank of America Corp menguat setelah Federal Reserve menaikkan batas atas biaya transaksi kartu debet.

HSBC Holdings Plc., bank terbesar Eropa dari nilai pasar, naik 1,5% di Hong Kong atas spekulasi Yunani akan mengamankan bantuan keuangan dan menghindari default yang bisa menggoyahkan sistem perbankan di wilayah ini. Standard Chartered Plc., bank terbesar ketiga Inggris dari nilai pasar, naik 1,3%. Commonwealth Bank of Australia, pemberi pinjaman terbesar di negara itu, meningkat 1,8%.

Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, bank publik terbesar Jepang, naik 2,1% di Tokyo. Sumitomo Mitsui Financial Group Inc naik 1,3%. Rating perbankan utama Jepang dinaikkan menjadi "overweight" oleh Deutsche Bank AG, yang mengatakan pendapatan kuartal pertama mungkin menunjukkan kemajuan dan perhatian pemberi pinjaman perlu menaikkan modal, sudah mereda.

Eksportir di Eropa memperpanjang penguatan. Sony Corp, yang mendapat 21% dari penjualan di Eropa, naik 3% di Tokyo. Mazda Motor Corp, produsen mobil Jepang yang mendapat 18% penjualan dari Eropa, naik 1,9%. Hutchison Whampoa Ltd, operator pelabuhan, layanan ponsel dan toko ritel yang mendapat sebagian besar pendapatan dari Eropa, naik 1,9% di Hong Kong.

Semua 10 kelompok industri pada indeks APAC menguat, dipimpin saham utilitas, keuangan, produsen bahan baku dan perusahaan energi.

BHP Billiton Ltd , perusahaan tambang terbesar dunia dan produsen minyak utama Australia, naik 1,5% setelah harga minyak mentah dan logam berjangka naik. Jiangxi Copper Co, produsen logam terbesar China, naik 4% di Hong Kong. CNOOC Ltd, explorer minyak lepas pantai terbesar China, naik 1,8%.

Minyak mentah untuk pengiriman Agustus naik 2% ke level US$ 94,77 per barel di New York kemarin, setelah pemerintah AS mengatakan persediaan turun hampir tiga kali lipat dari estimasi. Indeks London Metal Exchange untuk enam logam termasuk tembaga dan aluminium naik 2,1%, terbesar sejak 14 Juni.

Utilitas Jepang naik, setelah kabar bahwa kota di barat daya Jepang Genkai akan membiarkan Kyushu Electric Power Co me-restart reaktor. Hal ini mengurangi kekhawatiran oposisi lokal bahwa tenaga nuklir akan merusak industri. Kyushu Electric naik 4,2% di Tokyo. Kansai Electric Power Co, utilitas yang menghasilkan 43% listrik dari pembangkit nuklir, naik 4,6%.

BYD Co, produsen mobil China yang sebagian sahamnya dimiliki Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc, melonjak 41% pada hari pertama perdagangan di Shenzhen. Korea Aerospace Industries Ltd, pembuat pesawat terbesar, melonjak 43% dalam debut perdagangan di Seoul. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar