Kamis, 30 Juni 2011

Emas kembali bersinar setelah harganya terpangkas di level terendah lima pekan

Emas kembali bersinar setelah harganya terpangkas di level terendah lima pekan
NEW YORK. Emas melanjutkan reli hari keduanya di New York. Penguatan emas dipicu meningkatnya minat investor untuk mengoleksinya sebagai aset alternatif dari mata uang, setelah harganya terkoreksi cukup tajam dalam beberapa hari sebelumnya. Emas memang sudah terkoreksi hingga menyentuh level terendahnya dalam lima pekan.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus di Comex, New York, naik 0,7% ke US$ 1.510,40 per ons troy, dan diperdagangkan di US$ 1.511,30 per ons troy, pada pukul 10.18 pagi di Wellington.

Di tahun ini, emas sudah reli 6,3%. Krisis utang Eropa memicunya hingga menyentuh rekor di US$ 1.577,40 per ons troy, pada 2 Mei lalu. Kemarin, Yunani sudah mendapat persetujuan dari parlemen untuk melakukan pemangkasan pengeluaran sebagai syarat menerima paket bantuan dari Uni Eropa.

Trader dari FuturePath Trading LLC Frank Lesh menyebut, ketika emas sampai di level yang wajar, pembeli mulai berdatangan. "Meski Yunani memenangkan suara untuk penghematan, tidak berarti mereka telah memecahkan semua masalah. Semua menggiring emas untuk tetap menguat," ujar Lesh di Chichago, hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar