Senin, 31 Oktober 2011

Bursa Asia Dibuka Melemah di Awal Sesi

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia tekoreksi tipis pada perdagangan Senin (31/10) pagi, meredam kenaikan yang dicapai menjelang upaya terbaru Eropa mengatasi krisis utang.

Di Jepang, indeks Nikkei Stock Average tergelincir 0,3%, di Korea Selatan, indeks Kospi kehilangan 0,4% dan di Australia, indeks S & P / ASX 200 turun 0,5% pada perdagangan terakhir Oktober. Saham Asia berada di jalur apresiasi bulanan, berkisar antara 3,7% untuk Nikkei menjadi 8,7% untuk Kospi.

Apresiasi saham selama Oktober mengantisipasi rencana Eropa mengatasi masalah utang. Rencana itu diumumkan pekan lalu dan disambut secara luas oleh pasar, meskipun masih banyak rincian belum diumumkan. Namun, saham Eropa ditutup melemah pada Jumat akhir pekan lalu, setelah biaya pinjaman Italia melonjak pada lelang. Sementara saham AS berakhir mixed pada Jumat.

Saham keuangan Asia kebanyakan melemah, dengan Nomura Holdings Inc turun 1,5% dan Shinsei Bank Ltd turun 1%. Westpac Banking Corp turun 0,8% di Sydney, sementara Macquarie Group Ltd kehilangan 1,1%. Eksportir turun di Jepang karena dolar diperdagangkan di bawah 76 yen. Honda Motor Co turun 3,1%, sedangkan Mazda Motor Corp turun 1,8% dan saham Panasonic Corp kehilangan 1%.

Saham lain yang menguat adalah Aozora Bank Ltd yang naik 3,6%, setelah bank menaikkan prediksi fiskal setengah tahun dan setahun. Maskapai Australia Qantas Airways Ltd melonjak 6,5%.

Perusahaan, yang terlibat dalam perdebatan dengan serikat buruh, mengandangkan seluruh armada pada Sabtu. Hal itu mendorong keputusan bahwa akan ada 21 hari perundingan antara beberapa pihak, dan bahwa tidak ada aksi industri yang berlangsung selama periode tersebut. Qantas mengatakan Senin akan memulai penerbangan, segera setelah memiliki izin keamanan. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar