Selasa, 11 Oktober 2011

Jelang Voting Slovakia, Bursa Eropa Turun

Sentimen Rekap, Saham Eropa Diprediksi Flat
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa jatuh pada awal perdangan Selasa (11/10). Pasar bertindak hati-hati menjelang pemungutan suara di Slovakia untuk memperpanjang dana bailout Eropa.

Indeks FTSE turun 0,3% ke 5.382, indeks DAX turun 0,1% ke 5.839 dan indeks CAC turun 0,4% ke 3.148, seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Bursa Eropa telah mengalami reli 4 hari dengan optimisme pasar karena para pembuat kebijakan telah sepakat dalam mengatasi utang. Demikian juga dengan bursa Wall Street telah reli selama empat hari.

Seluruh sektor pada hari ini melemah seperti indeks resources turun 0,8%, indeks autos turun 0,3% setelah menguat pada empat hari perdagangan sebelumnya.

"Keputusan Slovakia bisa mendorong situasi seperti diujung tanduk kalau tidak berjalan dengan baik. Kalau mereka tidak setuju maka bisa diulang lagi untuk mendapatkan keputusan seperti keinginan Uni Eropa," kata Jeremi Batstone, analis di Charles Stanley.

Pasar bertindak hati-hati menjelang pemungutan suara di Slovakia untuk memperpanjang fasilitas penyelamatan kawasan Eropa. Slovakia adalah negara terakhir dari 17 negara yang belum memberikan suara pada kesepakatan bailout bulan Juli lalu. Kesepakatan para pemimpin Uni Eropa ini untuk menambah besaran dana dalam Fasilitas Stabilisasi Keuangan Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar