Rabu, 12 Oktober 2011

Laju penguatan Aussie tertahan koreksi teknikal

Laju penguatan Aussie tertahan koreksi teknikal
JAKARTA. Dollar Australia terimbas Eropa. Nilai tukar Aussie terhadap dollar Amerika Serikat (AS), Selasa (11/10), melemah 0,5% menuju 0,9948.

Pemicu utama penurunan pairing AUD/USD adalah kegagalan para pimpinan Slovakia mencapai suara bulat mengenai partisipasi negara itu dalam dana talangan bailout Eropa. Slovakia merupakan satu-satunya negara di zona Eropa yang belum meratifikasi bantuan dana tersebut

"Valuta yang berkorelasi dengan aset beresiko akan bergerak naik-turun hingga bulan depan, menanti perkembangan positif dari penyelesaian utang Eropa," ujar Roland Randall, analis TD Securities Inc, seperti dikutip Bloomberg, kemarin.

Analis Mahadana Berjangka, Fadil, menilai pelemahan AUD/USD merupakan koreksi teknikal yang wajar. Pasangan AUD/USD telah melaju 4,3% selama pekan lalu, dari posisi 0,9572 per Selasa (4/10), hingga 0,9988 per Senin (10/10).

Para pemodal kini menanti data ekonomi terbaru Australia. Negeri Kangguru itu akan mempublikasikan consumer sentiment, hari ini. Pasar juga menanti penjelasan otoritas moneter Australia mengenai bunga acuan yang tetap 4,5%.

Data ketenagakerjaan Australia untuk September bisa menjadi obat kuat AUD/USD. Para ekonom yang menjadi responden Bloomberg memperkirakan, ada penambahan 10.000 lapangan kerja sepanjang bulan lalu.

Kabar baik lain yang bisa mengangkat Aussie adalah survei National Australia Bank terhadap 400 perusahaan. Kesimpulan survei tersebut, kepercayaan para pebisnis Australia terangkat lagi.

Proses penyelesaian utang Eropa yang tinggal setahap serta kiprah China memborong saham perbankan bisa membantu Aussie. "Di akhir Oktober, AUD/USD berpeluang menguat lagi, hingga menyentuh level 1,02," ujar Fadil memprediksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar