Rabu, 12 Oktober 2011

Bursa Asia tergelincir karena ketidakpastian pengesahan bailout Eropa

Bursa Asia tergelincir karena ketidakpastian pengesahan bailout Eropa
TOKYO. Bursa saham Asia jatuh untuk pertama kali dalam lima hari terakhir. Indeks MSCI Asia Pasifik tergelincir 0,6% ke posisi 115,01 pada pukul 09.44 di Tokyo. Lebih dari dua saham terkoreksi berbanding setiap satu saham yang reli.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 jatuh 0,6%, indeks Australia S&P/ASX 200 terkoreksi 1%, dan indeks Kospi melemah 0,4%.

Bursa regional melemah karena ketidakpastian atas pengesahan dana bailout kawasan euro yang telah direvisi. Semalam, Slovakia menolak untuk memperpanjang bailout kawasan Euro. Situasi ini menyebabkan pasar cemas krisis utang Eropa akan semakin memburuk.

Padahal, sebelumnya, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Nicholas Sarkozy berjanji memberikan rencana untuk merekapitalisasi bank dan mengatasi krisis utang Yunani.

Pasar saham juga tertekan karena optimisme atas laba perusahaan AS berkurang, setelah Alcoa Inc. melaporkan labanya di kuartal ketiga yang melenceng dari perkiraan analis. Hal itu terjadi karena melambatnya permintaan global.

Analis AMP Capital Investors Ltd. Nader Naeimi menilai, saham-saham Asia tetap rentan terhadap kemunduran jangka pendek, terutama di kawasan seperti Eropa, yang dapat memicu profit taking. "Baru-baru ini, sudah terjadi reli yang cukup kuat. Itu artinya, kalaupun terjadi jeda saat ini tidak akan terlalu mengejutkan," ujarnya di Sydney, hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar