Rabu, 09 November 2011

Bursa Asia bergerak positif terdongkrak keputusan PM Italia

Bursa Asia bergerak positif terdongkrak keputusan PM Italia
TOKYO. Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa Asia melaju kencang. Pada pukul 09.21 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1% menjadi 120,29. Dari setiap enam saham yang naik, hanya ada satu saham yang mencatatkan penurunan. Pada pekan lalu, bursa Asia anjlok 3,6%. Ini merupakan penurunan mingguan terbesar sejak 23 September lalu.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 0,9%, indeks Kospi Korea Selatan naik 1%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 1,5%.

Saham-saham berkapitalisasi besar juga melaju pagi ini. Ambil contoh, Westpac Banking Corp yang naik 1,2% di Sydney, Woodside Petroleum Ltd naik 1,7% di Sydney, dan Daikin Industries Ltd naik 1,7% di Tokyo.

Sentimen positif yang mendongkrak bursa Asia berasal dari Italia. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menawarkan untuk mengundurkan diri secepatnya bila parlemen Italia menyetujui kebijakan penghematan anggaran pada voting pekan depan. Langkah tersebut dia ambil setelah Berlusconi gagal mendapat dukungan mayoritas parlemen pada voting anggaran kemarin.

"Di bawah kepemimpinan Berlusconi, situasi politik di Italia semakin tidak menentu. Dengan rencana pengunduran dirinya, risiko politik Italia mulai berkurang. Sebaliknya ekspektasi keberhasilan pemerintahan baru dalam menangani krisis semakin tinggi. Dengan kata lain, sentimen investor sudah membaik," urai Hiroichi Nishi, equities manager SMBC Nikko Securities Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar