Rabu, 09 November 2011

Sentimen positif Italia mendongkrak bursa Jepang

Sentimen positif Italia mendongkrak bursa Jepang
TOKYO. Setelah dua hari terakhir dilanda aksi jual, mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Jepang melesat pagi ini. Pada pukul 09.20 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,9% menjadi 8.731,26. Sedangkan indeks Topix naik 1,1% menjadi 745,47. Dari setiap empat saham yang naik, hanya ada satu saham yang mencatatkan penurunan.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang adalah: Honda Motor Co yang naik 2,3% dan Nomura Holdings Inc melonjak 5,7%.

Sentimen positif yang mendongkrak bursa Jepang berasal dari Italia. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menawarkan untuk mengundurkan diri secepatnya bila parlemen Italia menyetujui kebijakan penghematan anggaran pada voting pekan depan. Langkah tersebut dia ambil setelah Berlusconi gagal mendapat dukungan mayoritas parlemen pada voting anggaran kemarin.

"Perubahan kepemimpinan akan membantu penanganan risiko guncangan politik karena kritik terhadap Berlusconi sangat kuat. Pengunduran diri Berlusconi memberikan sentimen positif untuk jangka pendek bagi pasar," jelas Ayako Seera, market strategist Sumitomo Trust & Banking Co di Tokyo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar