Selasa, 08 November 2011

Harga kontrak emas melaju ke level tertinggi dalam enam pekan

Harga kontrak emas melaju ke level tertinggi dalam enam pekan
NEW YORK. Kemarin malam, harga kontrak emas menanjak ke level tertinggi dalam enam pekan terakhir. Pada pukul 14.27 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember naik 2% menjadi US$ 1.791,10 di Comex, New York.

Sebelumnya, harga emas sempat bertengger di level US$ 1.796 per troy ounce. Ini merupakan level tertinggi sejak 21 September lalu untuk kontrak harga emas yang paling aktif diperdagangkan. Jika dihitung, sepanjang tahun ini harga kontrak emas sudah melonjak sebesar 26%.

Kenaikan harga emas terjadi seiring meningkatnya kecemasan investor akan krisis utang Eropa. Kondisi itu yang menyebabkan tingkat permintaan si kuning kinclong semakin menanjak. Harga emas sempat bertengger di rekor tertinggi di level US$ 1.923,70 per troy ounce pada 6 September lalu.

"Masalah di Eropa tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu singkat. Banyak sekali masalah yang harus diselesaikan. Ini yang menjadi dasar kenaikan harga emas," urai Thorsten Proettel dari Landesbank Baden-Wuettemberg di Jerman.

Sementara itu, Bayram Dincer, analis LGT Capital Management di Switzerland menambahkan, pergerakan harga emas merespons mood pasar finansial global yang semakin memburuk. "Pada saat ini, kita tidak memiliki solusi jangka panjang sehingga menyebabkan tingkat ketidakpastian semakin tinggi," paparnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pihak aliansi menekan Perdana Menteri Italia Silcio Berlusconi untuk segera mengundurkan diri karena dianggap tidak mampu menekan biaya pinjaman Italia yang terus menanjak menembus rekor di era Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar