Selasa, 08 November 2011

Nikkei terpapas seiring kecemasan investor akan Italia

Nikkei terpapas seiring kecemasan investor akan Italia
TOKYO. Sebagian besar saham yang ditransaksikan di bursa Jepang mencatatkan penurunan pagi ini. Pada pukul 09.24 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,2% menjadi 8.750,22. Sedangkan indeks Topix turun 0,3% menjadi 748,54.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Sony Corp yang turun 1,2% dan Olympus Corp yang turun setelah berencana mengakuisisi Gyrus Plc. Sementara itu, Inpex Corp naik 0,4% setelah harga minyak menanjak ke level tertinggi dalam tiga bulan.

Penurunan bursa Jepang pagi ini terkait sentimen negatif yang berasal dari Italia. Seperti yang diketahui, Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi tengah berupaya mempertahankan kedudukannya setekah mendapatkan tekanan untuk mundur. Berlusconi juga ingin membuktikan bahwa dirinya bisa mengimplementasikan penghematan anggaran di tengah krisis utang yang melanda negaranya.

"Sekecil apapun berita positif terkait resolusi Eropa, pasar akan bergerak naik. Saat ini, investor tengah mencemaskan situasi di Italia. Kita membutuhkan resolusi dan pembenahan sebelum investor akhirnya merasa nyaman," jelas Angus Gluskie dari White Funds Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar