Selasa, 08 November 2011

Indeks acuan Asia turun setelah 16 kali keluar masuk zona hijau siang ini

Indeks acuan Asia turun setelah 16 kali keluar masuk zona hijau siang ini
TOKYO. Sebagian besar saham di bursa Asia dilanda aksi jual siang ini. Pada pukul 13.18 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4% menjadi 119,38. Sebelumnya, indeks acuan di kawasan regional ini sempat keluar masuk zona hijau dan merah sebanyak 16 kali. Dari 10 saham yang turun, hanya ada satu saham yang mencatatkan kenaikan.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,7%, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,2%, dan indeks S&P ASX/200 Australia naik 0,4%. Sedangkan indeks Hang Seng Hongkong naik 0,7% dan Shanghai Composite Index China naik 0,5%.

Beberapa saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia adalah: Sony Corp turun 2,9% di Tokyo, Olympus Corp anjlok 29% di Tokyo, dan Australia & New Zealand Banking Group Ltd mencatatkan kenaikan.

Pergerakan liar yang mempengaruhi bursa Asia terkait dengan voting parlemen di Italia. Voting tersebut akan memutuskan apakah Perdana Menteri Silvio Berlusconi memiliki dukungan yang cukup untuk tetap memimpin negara tersebut dan menerapkan penghematan anggaran.

"Investor mencemaskan mengenai situasi di Italia saat ini. Kita membutuhkan adanya resolusi dan perbaikan sehingga investor merasa nyaman dengan kondisi pasar," papar Angus Gluskie dari White Fund Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar