Jumat, 27 Januari 2012

Aktifitas Domestik di Pasar Modal Makin Besar

INILAH.COM,Jakarta - Investor domestik dinilai semakin besar beraktifitas di pasar modal Indonesia.

Hal itu memberikan kontribusi sangat penting bagi aktifitas pasar modal Indonesia mengingat dana asing yang semakin deras mengalir ke Indonesia. Hal itu disampaikan Head of Equities Deutsche Bank Verdhana Heriyanto Irawan saat seminar 'Investasi dan portofolio 2012' di Jakarta, Jumat (27/1). "Investasi domestik makin lama makin dominan, dan ini penting dari aktifitas pasar modal Indonesia," ujar Heriyanto.

Lebih lanjut ia mengatakan, investor domestik semakin lama semakin besar jumlahnya dilihat dari pertumbuhan reksa dana. Di mana, pertumbuhan reksa dana mencapai US$7 miliar, dan industri asuransi masuk ke investasi reksa dana mencapai US$3 miliar pada 2011. Menurut Heriyanto, dana asing akan semakin besar masuk ke Indonesia. Investor asing akan fokus untuk mencari pertumbuhan imbal hasil investasi yang tinggi. "Kami melihat fokus investor akan berubah yang tadinya ketakutan karena worst case Eropa, dalam fase kedua ini sangat melihat ada perubahan, di mana dananya pasti akan mengalir ke tempat yang growthnya lebih menarik," kata Heriyanto.

Heriyanto menilai, Indonesia masih memiliki fundamental ekonomi Indonesia yang baik. Hal itu menjadi daya tarik investor asing, apalagi pertumbuhan ekonomi diperkirakan tumbuh berkali lipat dalam lima tahun mendatang. Selain itu, investor diharapkan dapat cermat fundamental saham atau perusahaan mengingat kondisi ekonomi Indonesia sangat berubah dalam segi persaingan. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar