Jumat, 27 Januari 2012

Pasar Komoditas Menjanjikan, Lirik Saham Ini

INILAH.COM, Jakarta - Sektor komoditas bisa menjadi andalan dalam kondisi perekonomian yang masih belum menentu tahun ini.

Pengamat pasar modal Parto Kawito menyatakan, kondisi pasar saham saat ini masih belum menentu terutama disebabkan oleh krisis Eropa. "Kalau di AS sudah mulai pemulihan. AS mempertahankan suku bunganya tetap rendah, " tuturnya kepada INILAH.COM di Jakarta.

Ia menilai, dalam kondisi yang sensitif ini sebaiknya bersikap hati-hati dalam memilih saham untuk dikoleksi. "Pilih saham yang tahan banting, seperti sektor komoditi," ungkapnya. Menurutnya, saham sektor ini akan 'terangsang' dengan kondisi pasar komoditas tahun ini yang masih positif serta potensi meningkatnya permintaan minyak dunia.

Berdasarkan riset Standard Chartered Bank, permintaan komoditas dari negara berkembang pada tahun ini diperkirakan masih cukup kuat. Selain permintaan minyak mentah dunia yang juga diperkirakan akan meningkat.

"Kami memperkirakan permintaan minyak mentah meningkat di 2012, namun kombinasi dari sentimen buruk dan kelonggaran pasar seiring perbaikan suplai mungkin memberi tekanan harga di kuartal pertama 2012,” ungkap Global Head of Commodities Research Standard Chartered Bank Hsi Han Pin, beberapa waktu lalu.

Adapun saham-saham yang direkomendasikannya adalah saham PT Petrosea (PTRO), PT Indika Energy (INDY), PT Indo Tambangraya Megah (ITMG) dan PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA). Ia menilai, saham-saham ini memiliki kondisi fundamental yang baik di luar sentimen yang mengiringinya. "Buy on weakness," tuturnya. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar