Jumat, 27 Januari 2012

Harga minyak naik ke level tertinggi dalam sepekan

SYDNEY. Harga kontrak minyak dunia ditransaksikan di level tertinggi dalam sepekan terakhir. Dengan demikian, ini merupakan kenaikan mingguan pertama dalam tiga pekan terakhir.

Pada pukul 16.22 waktu Sydney, harga kontrak emas untuk pengantaran Maret berada di level US$ 99,77 per barel di New York Mercantile Exchange. Kemarin, harga minyak naik 30 sen menjadi US$ 99,70, level tertinggi sejak 10 januari lalu. Sepanjang pekan ini, harga minyak sudah naik 1,3% dan 17% di sepanjang tahun ini.

Sementara, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Maret berada di posisi US$ 111,14 sebarel di ICE Futures Europe Exchange.

Sejumlah faktor disinyalir menjadi penyebab kenaikan harga minyak. Salah satunya adalah adanya sinyal pemulihan ekonomi AS, yang merupakan negara konsumsi minyak terbesar dunia.

"Data yang dirilis dari AS dalam beberapa bulan terakhir mengindikasikan adanya pemulihan dalam perekonomian. Selain itu, perbedaan harga antara minyak Brent dan WTI kembali naik. Hal itu menandakan adanya potensi penurunan suplai minyak dari Timur Tengah di benak trader," ungkap Michael McCarthy, chief market strategist CMC Markets Asia Pacific Pty di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar