Jumat, 27 Januari 2012

Bursa Asia bergerak liar akibat komoditas dan yen

TOKYO. Bursa Asia bergerak fluktuatif sore ini. Pada pukul 15.20 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific tak banyak mencatatkan perubahan di level 122,63. Sepanjang minggu ini, bursa Asia sudah naik 1,6%. Dengan demikian, pergerakan bursa regional ini sudah naik selama enam pekan berturut-turut.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 0,1%, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,4%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,4%. Sedangkan indeks Hang Seng tak banyak mencatatkan perubahan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia. Faktor positifnya adalah kenaikan harga komoditas yang mendongkrak saham-saham pertambangan. Untuk faktor negatifnya yakni penguatan yen yang menyebabkan saham-saham eksportir Jepang melorot.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Woodside Petroleum Lyd yang naik 1,5% di Sydney, Honda Motor Co yang turun 1,9% di Tokyo, serta NEC Corp turun 7,1% di Tokyo.

"Saat ini fokus investor mengarah pada isu pelonggaran kebijakan. Eropa dan AS menyuntikkan likuiditas yang sangat besar. Hal itu yang mendongkrak harga komoditas," jelas Seichiro Iwamoto, analis Mizuho Asset Management Co di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar