Kamis, 05 Januari 2012

Bursa Asia tumbang pagi ini setelah reli dua hari

Bursa Asia tumbang pagi ini setelah reli dua hari
TOKYO. Setelah reli dua hari, bursa saham Asia tumbang pagi ini (5/1). Indeks MSCI Asia Pasifik tergelincir 0,4% ke posisi 116,06 pada pukul 09.25 waktu Tokyo. Hampir tiga saham jatuh berbanding setiap satu saham yang naik.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 tercatat sudah melemah 0,56% ke level 8.512,31. Lalu, indeks S&P/ASX 200 jatuh 1,22% ke 4.136,70. Namun, indeks Kospi masih naik tipis 0,16% ke 1.869,27.

Pasar regional cenderung tertekan setelah data perekonomian berupa industri jasa di Australia menunjukkan tanda pelemahan. Apalagi, bank terbesar di Italia berencana meningkatkan modalnya, sehingga memicu kekhawatiran bahwa krisis utang Eropa kian memburuk.

Beberapa saham berkapitalisasi besar turut menyeret indeks regional, seperti Sony Corp. yang tumbang 1,4% di Tokyo. Saham produsen elektonik ini jatuh setelah euro melemah, sehingga memangkas prospek pendapatan eksportir. Adapun, saham perusahaan tambang terbesar di dunia, BHP Billiton Ltd tergelincir 1,5% di Sydney, akibat penurunan harga tembaga.

"Masalah yang dipicu oleh krisis utang Eropa mencuat kembali, sehingga menegaskan kembali pandangan di pasar bahwa situasi belum berubah," ujar Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Investment Management Co., di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar