Kamis, 05 Januari 2012

Data ekonomi Ausie dan pelemahan euro menyebabkan bursa Asia memerah

Data ekonomi Ausie dan pelemahan euro menyebabkan bursa Asia memerah
TOKYO. Sebagian besar indeks acuan di kawasan regional rontok satu per satu. Ambil contoh, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,8%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1,1%, dan indeks Kospi Korea Selatan turun 0,1%, dan Shanghai Composite Index China turun 1%. Sedangkan indeks Hang Seng Hongkong naik 0,2%.

Kondisi itu menyebabkan indeks acuan di Asia mencatatkan penurunan. Pada pukul 16.00 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,6% menjadi 115,84. Dalam setiap lima saham yang turun, ada tiga saham yang naik.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Sony Corp yang turun 2,2%, National Australia Bank memimpin penurunan di sektor perbankan, dan Sun Hung Kai Properties Ltd turun 1,2%.

Penurunan bursa Asia terjadi setelah industri jasa Australia anjlok dan euro melemah jelang rencana Prancis untuk menerbitkan obligasi senilai 8 miliar euro atau US$ 10,4 miliar.

"Masalah yang dipicu oleh krisis utang Eropa semakin mencemaskan dan investor sudah mendapatkan konfirmasi bahwa situasi di Benua Biru belum ada perubahan," jelas Mitsushige Akino, analis Ichiyoshi Investment Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar