Senin, 30 Januari 2012

China Rencana Bangun Pasar Global Yuan

Headline
INILAH.COM, Beijing - China akan membuat pusat perdagangan global Yuan Shanghai, kliring dan harga pada tahun 2015.

Reuters melaporkan rencana negara tersebut untuk menjadikan China sebagai sebuah pusat keuangan internasional. Rencana rinci, yang diterbitkan bersama oleh badan perencanaan ekonomi negara dan pemerintah Shanghai, menunjukkan skala ambisi China dalam menciptakan versi sendiri dari New York, London atau Hong Kong. Pembangunan Nasional dan Komisi Reformasi membayangkan sebuah pusat perdagangan dengan volume pasar keuangan non forex tahunan sebanyak 1.000 triliun yuan (US$158,3 triliun) pada tahun 2015 dari kurang dari 400 triliun pada tahun 2010.

Rencana tersebut mengatakan harga tengah kurs yang diterbitkan oleh bank sentral di pasar yuan onshore akan menjadi patokan pasar perdagangan yuan untuk domestik dan asing, dan didukung pemerintah Shanghai Interbank Offered Rate, atau Shibor, akan menjadi patokan untuk kredit yuan dimana-mana.

China juga akan mendorong perusahaan di luar negeri untuk menjual saham dengan mata uang yuan di pasar saham domestik, tapi rencana itu tidak memberikan jadwal secara rinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar