Senin, 30 Januari 2012

Utang Yunani Paksa Bursa Eropa Negatif

Medium
INILAH.COM, London - Kegagalan Yunani dan kreditor swasta menyepakati debt swap sebelum KTT Uni Eropa telah menekan bursa saham Eropa pada perdagangan Senin (30/1).

Indeks FTSE turun 0,6% ke 5.698, indeks CAC turun 0,7% ke 3.292 dan indeks DAX turun 0,8% ke 6.457. Sektor perbankan mengalami penurunan terdalam pada awal perdagangan hari ini. Indeks saham bank Eropa turun 1,6%.

"Ini semua sangat negatif, Yunani masih mencoba mendapatkan kesepakatan dan ada kekhawatiran krisis akan menular ke negara lain," kata Joe Rundle, kepala perdagangan di ETX Capital. Demikian mengutip cnbc.com.

Pemimpin Uni Eropa hari ini akan melakukan KTT di Brussels. Krisis utang masih menjadi tema utama dalam pertemuan itu. Sebab krisis yang telah berjalan 2 tahun lebih telah menurunkan kepercayaan investor dan konsumen. Hal ini menjadi bola salju karena akan menurunkan belanja masyarakat sehingga memukul pendapatan swasta.

Hari ini, pemerintah Italia dan Prancis akan melelang obligasi. Meskipun Fitch Ratings telah menurunkan peringkat utang Italia dari A-plus menjadi A-minus. Prancis harus kehilangan peringkat utangnya dari AAA menjadi AA oleh S&P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar